Selasa, 28 Januari 2020

Prinsip Perkembangan Si Umur Dini




Orang tua dan keluarga merupakan sentra yang paling utama bagi kesejahteraan si kecil.
Kekerabatan dengan orang lain (bagus dengan orang dewasa dan dengan si kecil lainnya) yakni ketika yang sungguh-sungguh penting dalam kehidupan si kecil.
Kekerabatan dengan seseorang yang mengatur peran kunci di rumah dan di lingkungan daerah si kecil dibesarkan sangatlah penting bagi kesejahteraan si kecil.
Bayi dan si kecil merupakan mahluk sosial, mereka merupakan pembelajar yang kompeten semenjak dilahirkan.
Progres belajar yakni pengerjaan berbagi pengalaman, dan si kecil akan belajar dengan sungguh-sungguh tepat sasaran dikala mereka berminat dan terlibat secara aktif dengan dukungan dari orang dewasa yang mempunyai pengetahuan dan bisa mereka percaya.
Orang dewasa yang memberikan perhatian lebih bagus ketimbang kelengkapan hiburan dan permainan.
Jadwal dan rutinitas si kecil perlu disesuaikan dengan keperluannya.
Si belajar dikala mereka dikasih tanggung jawab yang pantas, dikasih kans atau dibolehkan untuk menjalankan kekeliruan, dilatih untuk mengambil keputusan dan menetapkan opsi, serta dihargai sebagai pembelajar yang mandiri dan kompeten.
Si belajar dengan metode menjalankan, bukan dengan cuma dikasih tahu.
Tiap si kecil bersifat rapuh. Mereka belajar untuk mandiri dengan metode mempunyai seseorang yang bisa mereka andalkan sebagai daerah bagi mereka untuk bertumpu padanya.




Prinsip Pengajaran Si Umur Dini

Pengajaran yang tepat sasaran membutuhkan bagus kurikulum dan praktisi pengajaran yang relevan, yang mempunyai pemahaman dan kesanggupan untuk memakai syarat yang diperlukan dalam melaksanakan kurikulum
Pengajaran yang tepat sasaran memerlukan para praktisi pengajaran yang memahami bahwa perkembangan si kecil berlangsung dengan sungguh-sungguh kencang selama masa permulaan tahun perkembangannya, yang meliputi perkembangan secara jasmani, intelektualitas, emosi dan sosial
Para praktisi pengajaran patut mempertimbangkan tiap si kecil merasa dilibatkan, aman dan dihargai
Pengalaman bagi si kecil di masa permulaan tahun perkembangannya sebaiknya dibangun dari apa yang sudah mereka kenal dan apa yang mereka dapat lakukan
Tak boleh ada seorang anakpun yang disisihkan (disampingkan, excluded) atau dirugikan (disadvantage)
Orang tua dan para praktisi pengajaran perlu bekerjasama
Agar tepat sasaran, kurikulum untuk si kecil umur dini perlu secara hati-hati dibentuk secara terencana
Akan lebih bagus sekiranya memang ada ruang dan kans bagi si kecil untuk terlibat dalam pengerjaan berkesibukan yang sudah dirancang oleh orang dewasa, dan juga untuk si kecil bisa merencanakan dan mengawali kegiatannya sendiri.
Para praktisi pengajaran patut mempunyai kesanggupan untuk menjalankan pengamatan dan menanggapi keadaan si kecil secara pas dan pantas
Perencanaan yang matang, kesibukan dengan tujuan yang terang, dan intervensi yang pas dan pantas yang dijalankan oleh para praktisi pengajaran akan membikin si kecil bisa terlibat selama pengerjaan belajar.
Supaya si kecil bisa menikmati pengalaman yang kaya akan rangsangan, lingkungan belajar haruslah dipersiapkan dengan matang dan dikelola dengan bagus.
Yang terutamanya dari segala hal yang sudah diceritakan di atas merupakan pengerjaan belajar dan berkembang yang tepat sasaran bagi si kecil memerlukan tingkat kepedulian dan mutu pengajaran yang sungguh-sungguh tinggi dari para praktisi pengajaran.




Prinsip-prinsip dalam pengerjaan Belajar dan Mendidik

Tetapkan kemauan yang tinggi dan kasih tiap si kecil kepercayaan diri bahwa mereka bisa menempuh hasil yang bagus
Perkuat apa yang sudah dikenal oleh si kecil dan jadikan hal hal yang demikian sebagai spot tolak pengerjaan belajar selanjutnya
Tetapkan struktur dan pengerjaan belajar yang pantas bagi si kecil supaya menjadi lebih menantang dan menarik untuk dirasakan
Berikan pandangan baru pada si kecil ketika pengerjaan belajar sedang berlangsung dengan metode memperlihatkan ketertarikan dan asa yang besar kepada subyek yang sedang dipelajari
Jadikan tiap si kecil sebagai rekan aktif dalam pengerjaan belajar mereka
Kembangkan ketrampilan belajar mereka dan juga mutu pribadi masing-masing si kecil




Progres Belajar yang Tepat

Si-si kecil mengawali kesibukan yang mendorong pengerjaan pelajaran dan memungkinkan mereka untuk saling belajar antara satu dengan  yang lainnya
Si-si kecil belajar lewat gerak tubuh dan dengan menerapkan segala indra mereka
Si-si kecil mempunyai waktu yang cukup untuk mengksplorasi pandangan baru-pandangan baru mereka dan ketertarikannya secara mendalam
Si-si kecil merasa aman, sehingga akan menolong mereka untuk menjadi pembelajar yang percaya diri
Si-si kecil belajar dengan metode yang yang berbeda dan tingkat kecepatan yang berbeda pula
Si-si kecil membikin relasi di dalam pengerjaan mereka belajar
Kesibukan bermain secara imajinatif dan kreatif akan menolong perkembangan dan penerapan bahasa
Berprofesi secara bersama-sama dengan orang tua, sebab orang tualah yang akan terus menerus mempunyai peran sebagai pengajar utama bagi si kecil-si kecil mereka




Progres Mendidik yang Tepat

Meningkatkan pengerjaan belajar si kecil lewat pengalaman yang direncanakan dan kesibukan yang menantang tapi konsisten bisa ditempuh oleh si kecil.
Praktisi pengajaran yang mencontohkan perilaku-perilaku positif.
Penerapan bahasa yang kaya kosa kata dengan tata bahasa yang benar serta mengenal dengan pasti bahwa apa yang dikatakan oleh para praktisi pengajaran dan bagaimana metode mengatakannya merupakan metode utama dalam mengajari kosa kata baru dan menolong si kecil untuk memaksimalkan stuktur kesanggupan berbahasa dalam berdaya upaya.
Penerapan percakapan dan pertanyaan yang dibentuk secara hati–hati sangatlah penting dalam pengerjaan pengembangan pengetahuan si kecil.
Mengajari ketrampilan dan pengetahuan secara lantas terhadap si kecil.
Si-si kecil saling mengajari.
Terjadi interaksi dengan si kecil dan dukungan kepada si kecil dengan metode yang secara positif bisa memberi pengaruh perilaku belajar yang mereka kembangkan
Rencanakan lingkungan belajar (indoor dan outdoor) secara secara teliti untuk menghadirkan suasana positif bagi pengerjaan belajar mendidik
Miliki keahlian dan perencanaan yang matang dalam menjalankan pengamatan kepada si kecil.
Kenali tahap tumbuh kembang si kecil dan peningkatan yang terjadi dalam rangka menempuh tujuan-tujuan yang mau ditempuh.
Kans untuk mengenali dan mengevaluasi tahap perkembangan tiap si kecil bisa terjadi di dalam pengerjaan perencanaan atau bisa juga timbul secara spontan.
Bekerjasama dengan orang tua, yang yakni rekan utama dalam pengerjaan pengenalan dan pengukuran tahap tumbuh kembang si kecil termasuk dalam pengerjaan perencanaan.
Mengidentifikasi langkah berikutnya dalam pengerjaan belajar si kecil dengan merencanakan bagaimana metode menolong si kecil supaya terjadi peningkatan.
Using assessment to evaluate the quality of provision and practitioners training needs
Memakai pengenalan dan pengukuran tahap tumbuh kembang si kecil untuk mengukur mutu pelayanan yang dikasih dan kepada keperluan pelatihan bagi praktisi pengajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar